Rabu, 02 September 2015

BLITAR PUNYA

Catatan kecil tentang Blitar Kota


Kota Blitar sebuah kota kecil yang ada di selatan provinsi Jawa Timur. Kota Blitar yang terletak di 167 km sebelah Selatan Kota Surabaya mempunyai budaya dan  ciri khas tersendiri. Yang menurut saya membuat kota Blitar ini menjadi kota yang bagus.


BUDAYA-NYA


            Ada contoh dari Acara Budaya yang sering dilakukan di Kota Blitar.

1.    Grebek Pancasila

Sebuah kegiatan untuk memperingati tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Diawali pada tanggal 31 Mei dengan penyerahan pusaka kepada pemimpin kirab di Istana Gebang atau rumah
dinas. Lalu dilanjutkan dengan acara kirab lampion. Pada tanggal 1 Juni baru diadakan acara kirab gunungan dan keduri Pancasila. Dimana acara kirab ini dimulai dari Aloon-Aloon Kota Blitar ke Makam Bungkarno dengan membawa tumpeng berukuran besar yang selalu menjadi rebutan saat sudah berada di Makam Bungkarno. Lalu dilanjutkan kenduri yang biasanya menggunnakan tumpeng tumpeng kecil yang ditata di sepanjang jalan Ir. Soekarno.


2.    Drama Kolosal Pemberontakan  PETA

Merupakan drama kolosal yang diadakan di Depan monument PETA (Jalan Sudanco Suprijadi) atau di depan TMP (Tempat Makam Pahlawan).
Drama ini diadakan secara rutin pada tanggal 14 Februari. Dari pengalaman saya pemeran drama ini juga merupakan siswa-siswa di Kota Blitar dari kalangan SMP maupun SMA.



Dan masih banyak lagi budaya yang sering di tampilkan di Kota Blitar.

CIRI KHAS-NYA



Meskipun Kota Blitar kecil tapi kota ini mempunya ciri agar bisa di kenal sebagai KOTA BLITAR

               1.    Ikan Koi

Merupakan ikan yang sering dijual dan di budidayakan di kota ini. Bahkan di Kota Blitar terdapat sentra penjualan Ikan Koi yang berada di dekat Sadion Suprijadi.






               2.    Sambal Pecel

Merupakan bumbu khas yang terbuat dari kacang yang dihaluskan dan di capur dengan cabai dan bumbu rempah yang lain. Di Kota Blitar dendiri mempunyai penjual pecel yang terkenal, yaitu MBOK BARI. Bahkan Mbok Bari ini sampai membukan warung pecel sampai 6 warung dengan nama “Warung Mbok Bari 6”


MAKANAN-NYA


Kota Blitar mempunyai makanan yang menjadi ikon Kota Patria ini.

               1.              Pecel

Pecel merupakan makanan khas Blitar. Makanan ini terbuat dari sayuran yang di beri capar (sering
 disebut taouge) dan kacang panjang sebagai lauk kemudian di siram dengan saus kacang yang sering di sebut Sambal Pecel. Untuk lauk itu tidak terpaku pada sayur. Sering kali di tambah kan dengan ikan Lele goring atau Lodeh tempe busuk (betul gak ya … kalo di rumah sih sering di sebut “Jangan Tempe Bosok” atau “Tumpang”). Oh, dan satu tambahan lagi yaitu Peyek sebagai kerupuk-nya.


                2.              Es Pleret

Es Pleret merupakan Minuman dimana terdiri atas Pleret (sebuah bahan es yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji)  itu sendiri kemudian di tambah dengan dawet, lalu diberi
Juruh  (air dari gula merah) secukupnya dan santan sebagai kuahnya. Penjual Pleret sendi ri di Blitar sering di jumpai di Aloon-Aloon Kota Blitar. Jika Ingin mencoba silakan dating ke di Aloon-Aloon Kota Blitar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar